google translate

Selasa, 17 April 2012

Manfaat Buah Apel dan Khasiatnya

Apel merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari daerah Asia Barat dengan iklim sub tropis. Di Indonesia apel telah ditanam sejak tahun 1934 hingga saat ini. Pohon Apel akan tumbuh pada iklim curah hujan yang ideal, adalah 1.000 - 2.600 mm/tahun dengan hari hujan 110-150 hari/tahun. Dalam setahun banyaknya bulan basah adalah 6-7 bulan dan bulan kering 3-4 bulan. Curah hujan yang tinggi saat berbunga akan menyebabkan bunga gugur sehingga tidak dapat menjadi buah.
Tanaman Apel membutuhkan cahaya matahari yang cukup antara 50-60 % setiap harinya, terutama pada saat penbungaan. Suhu yang sesuai berkisar antara 16-27 derajat C. Kelembaban udara yang dikehendaki tanaman apel sekitar 75-85%. Tanaman Apel tumbuh dengan baik pada tanah yang bersolum dalam, mempunyai lapisan organik tinggi, dan stuktur tanahnya remah dan gembur, mempunyai aerasi, penyerapan air dan porositas baik, sehingga pertukaran hara dan kemampuan menyimpan airnya optimal. Tanah yang cocok adalah Latosol, Andosol dan Regosol. Derajat keasaman tanah (pH) yang cocok untuk tanaman apel adalah 6-7 dan kandungan air tanah yang dibutuhkan adalah air tersedia. Dalam pertumbuhan tanaman apel membutuhkan kandungan air tanah yang cukup. Tanaman Apel dapat tumbuh dan berbuah baik pada ketinggian 700-1.200 m dpl. dengan ketinggian optimal 1.000 - 1.200 m dpl.

Kandungan yang terdapat pada Buah Apel

Buah Apel banyak memiliki kandungan Vitamin, seperti Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B6, vitamin B9 dan Vitamin C. Buah Apel juga kaya akan mineral, mineral yang terdapat pada buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.
Juga kaya akan serat, sehingga baik untuk orang yang sedang diet. Karena serat yang tinggi dapat mencegah lapar datang lebih cepat. Selain itu serat di Buah Apel juga bermanfaat untuk mengurangi lemak dan kolesterol jahat ( LDL ) Buah Apel mengadung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat ( LDL ) dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.
Kandungan lainnya yang terdapat pada Buah Apel yaitu fitokimia. Fitokimia merupakn antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari pulisi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat ( LDL ) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Dan juga mengadunng tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan meyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

Selain buah apel disantap untuk hidangan penutup, atau makanan pengganti. Buah apel juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Memang banyak orang awan yang tidak mengetahui hal itu, saya akan mencoba menulis tentang manfaat buah apel untuk kesehatan.Menurut penelitian dan study yang dilakukan oleh beberapa Universitas di Dunia, bahwa buah apel bisa :
1. Mencegah Asma ==> Studi terkini menunjukkan bahwa seorang anak yang mengkonsumsi jua apel setiap hari secara rutin, memiliki resiko sangat rendah terkena gangguan pernafasan dibandingkan anak yang hanya mengkonsumsi jus apel sebulan sekali. Selain itu, penelitian lain juga menunjukan anak yang dilahirkan dari seorang ibu yang gemar mengkonsumsi apel setiap harinya, memiliki resiko yang rendah terkena asma, dibandingkan ibu hamil yang mengkonsumsi jus apel.
2. Mencegah kanker paru-paru ==> Berdasarkan study yang dilakukan pada 1.000 orang, mereka yang mengkonsumsi apel dengan kuantitas paling banyak memiliki resiko 50 % lebih rendah terserang kanker paru-paru. Para peneliti mempercayai adanya flavonoid, quercetin, dannarigin inilah yang berperan dalam mencegah kanker paru-paru.
3. Mencegah Kanker payudara ==> Cornell University melakukan study dengan melakukan percobaan pada tikus. Dilakukan 2 percobaan, tikus yang pertama mengkonsumsi apel 1 kali dalam sehari, hasilnya memiliki resiko terkena kanker payudara 17 % lebih rendah. Sedangkan tikus yang kedua, mengkonsumsi apel 3 kali dalam sehari, memiliki resiko lebih rendah terkena kanker payudara 39%. Meskipun percobaan ini diuji cobakan pada tikus, namun hal ini berdampak sama pada manusia.
4. Mencegah Kanker Hati ==> Dari study lainnya yang dilakukan oleh Cornell University, melakukan percobaan pada tikus. Dengan memberi makan ekstrak kulit apel pada tikus, bisa menurunkan resiko terserang kanker hati hingga 57 %, karena kandungan antioksidan pada apel, yang memiliki fungsi detosifikasi.
5. Mencegah kanker usus ==> Hasil study lainnya yang juga dilakukan pada tikus, memiliki resiko 43 % lebih rendah terkena kanker saluran pencernaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kandungan pectin pada apel lah yang menekan resiko kanker pencernaan, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.
6. Mencegah Al-zheimer ==> Study lainnya yang dilakukan oleh Cornell Universitas, juga menemukan bahwa kandungan quercetin pada apel akan melindungi otak dari radikal bebas yang membahayakan dan memicu penyakit Al-zheimer.
7. Melindungi tulang ==> Penelitian di Prancis menemukan bahwa flavonoid yang disebut phloridzin yang terkandung pada apel bermanfaat untuk melindungi wanita pasca-monopause dari masalah osteoporosis, dan meningkatkan masa tulang. Boron, kandungan lain dari apel juga berfungsi untuk memperkuat tulang.
8. Menurunkan kadar Kolesterol jahat ==> Jika seseorang mengkonsumsi buah apel setidaknya 2 kali dalam sehari, akan menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ) mereka sebanyak 16 %.
9. Mengontrol diabetes ==> Kandungan pectin pada apel mensuplai galacturonic acid yang akan menurunkan kebutuhan tubuh untuk melepaskan hormon insulin yang tinggi, salah satu hormon penyebab diabetes. Hal ini karena produksi insulin yang tinggi memicu diabetes, oleh karena itu, apel juga bermanfaat untuk mengontrol seseorang yang terserang atau memiliki bakat, faktor genetik terserang diabetes.
10. Mengurangi berat badan ==> Studi di Brazil menunjukan, bahwa wanita yang mengkonsumsi buah apel atau pir, setidaknya 3 buah dalam sehari. Selama diet akan lebih cepat menurunkan berat badan, dibandingkan mereka yang tidak memasukan buah-buahan dalam menu diet.

Ternyata manfaat buah apel sangat banyak untuk kesehatan kita, yang bisa mencegah penyakit-penyakit mematikan sekalipun seperti kanker. Sebenarnya masih banyak manfaat lainya, hanya saja tidak bisa disebutkan satu persatu secara detail. Hasil kutipan dari berbagai sumber di okezone.com tentang manfaat buah apel ini, semoga bisa bermanfaat bagi orang yang ingin mengetahui mamfaat buah apel dengan membaca artekel diatas.




2 komentar:

  1. How to register for a new casino? | DRMCD
    If you're ready to get started on your own, you have the perfect place 동해 출장샵 to start. Asking for a bonus is a simple question. With 울산광역 출장안마 the process 나주 출장마사지 of 순천 출장샵 registration, players 전라북도 출장샵

    BalasHapus