Jumat, 26 Agustus 2011

Menciptakan Lowongan Pekerjaan, Peluang Usaha bagi Masyarakat dengan Program yang Tepat.

Problem Pengangguran Terbuka di Indonesia masih belum bisa diatasi oleh Pemerintah sampai saat ini. Hingga Bulan Februari 2011 jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 8,12 Juta orang. Permasalahan baru yang dihadapi Kemenakertrans, tenaga kerja di Indonesia memiliki tingkat Pendidikan yang 50% lebih hanya lulusan Sekolah Dasar ( SD ). Selain itu jenis kelulusan calon tenaga kerja tidak sesuai dengan peluang yang tersedia.
Seharusnya Pemerintah memikirkan, bagaimana menciptakan lowongan pekerjaan atau peluang usaha bagi Calon Tenaga kerja yang memiliki tingkat Pendidikan di bawah standar, karena permasalahan yang terbesar dalam mengatasi pengangguran dan kemiskinan adalah rendahnya tingkat pendidikan calon tenaga kerja.
Ini adalah pemikiran dari rakyat kecil yang mungkin bisa membantu Pemerintah dalam mengatasi pengangguran dan kemiskinan di Indonesia :
1. Mendirikan Program Pelatihan Kerja secara gratis.
Yang dimaksud Program Pelatihan Kerja adalah suatu program yang mengajarkan kepada masyarakat miskin dan Calon Tenaga Kerja yang tingkat pendidikannya dibawah standar untuk bisa Mandiri, dan bisa menciptakan peluang usaha sendiri.
Program yang diajarkan dalam Program Pelatihan Kerja meliputi, Pertanian, peternakan, kuliner, atau pembuatan kerajinan. Sebenarnya banyak masyarakat kita yang mempunyai keahlian dibidang tersebut tapi tidak tahu bagaimana cara mengembangkannya. Dengan adanya Program pelatihan kerja secara gratis ini bisa mengajarkan :

  1. Cara bercocok taman yang baik dan bisa menghasilkan panenan yang berkwalitas
  2. Cara berternak yang benar, tidak mengganggu lingkungan, menghasilkan hasil ternak yang sehat dan berkwalitas.
  3. Cara membuka usaha kuliner yang benar, membuat makanan yang tidak membahayakan konsumen, sehat dan berkwalitas.
  4. Cara mengembangkan bagaimana membuat suatu kerajinan yang bermanfaat, berkwalitas, dan menguntungkan semua pihak.

Program Pelatihan Kerja Secara Gratis ini, disesuikan dengan kondisi daerah masing-masing. misalkan daerah  didominasi dengan pertanian, program pelatihan kerjanya difokuskan pada pertanian, atau di daerah perkotaan yang sangat minim dengan pertanian, bisa mengajarkan tentang bagaimana membuka usaha kecil yang benar atau juga bisa memanfaatkan barang bekas menjadi sebuah karya atau kerajinan yang bisa mempunyai nilai jual.
Mengatasi suatu masalah bukannya kita harus selalu memikirkan solusinya saja, tapi yang perlu dipikirkan adalah penyebab dari masalah tersebut.
Sebagai contoh orang punya sesuatu penyakit yang berat, solusinya pergi ke dokter atau ke Rumah Sakit. Tapi apakah penyakit itu bisa sembuh total. Mungkin setelah sembuh penyakitnya akan kambuh dan masuk rumah sakit lagi. Seharusnya yang dicari penyebab penyakit itu dulu, misal orang kena penyakit Typus, penyebabnya orang tersebut tidak bisa menjaga makanannya. Jika sudah tahu penyebabnya, Orang akan bisa lebih hati-hati dalam menjaga pola makannya, mana yang boleh dimakan dan mana yang tidak. maka solusi itu akan datang dengan sendirinya. Jika penyakit itu terlalu parah, orang tersebut harus cari obatnya, dan juga bisa menjaga pola makanannya. Jika orang tersebut berangsur sembuh, maka dia akan bisa menjaga apa yang  menjadi penyebab penyakit tersebut.
Sama halnya dengan mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan. penyebabnya adalah rendahnya tingkat pendidikan masyarakat dan akhirnya untuk mencari pekerjaan yang layak akan sangat susah.
Kalau yang dipikirkan oleh Pemerintah yang orang-orang yang berpendidikan diatas rata-rata, maka selamanya masalah pengangguran dan kemiskinan tidak akan pernah teratasi.
Dengan adanya Program Pelatihan Kerja Secara Gratis bagi masyarakat yang kurang mampu dan mempunyai pendidikan dibawah rata-rata, maka sedikit banyak bisa membantu mengatasi kemiskinan dan pengangguran di Negeri Tercinta ini.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles