google translate

Kamis, 12 April 2012

Manfaat Buah Alpukat dan Khasiatnya

Tanaman buah Alpukat ini berupa pohon yang tingginya data mencapai 10 Meter, batang berkayu dan bercabang-cabang. Daun tunggal berbentuk bulat telur dan berwarna hijau. Panjang daun antara 10 s/d 20 Cm, lebar 3 s/d 10 Cm. Perbuangaan malai, tumbuh diujung ranting. Buah buni berbentuk bulat telur, bentuk pita atau bentuk bulat, panjang buah antara 5 s/d 20 Cm. Warna buah hijau sampai ungu. Daging buah jika sudah masak berwarna kuning atau kekuning-kehijauan. Akar termasuk akar tunggang. Tanaman ini berasal dari Amerika. Dapat tumbuh pada ketinggian 200 - 1.000 mdpi. baik di daerah tropis dan sub tropis.
Buah Alpukat disukai banyak orang, tapi tidak sedikit orang yang menghindarinya. Dengan alasan kuwatir dengan kandungan lemaknya. Padahal, lemak yang dimiliki buah ini merupakan lemak tak jenuh yang justru menyehatkan. Buah Alpukat seharusnya menjadi daftar buah yang wajib di konsumsi karena padat gizi.

Kandungan yang terdapat pada Buah Alpukat


Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah Alpukat adalah :
Protein == > mengandung 18 asam animo esensial yang diperlukan bagi tubuh untuk membentuk protein lengkap. Protein Aplukat sangat mudah diserap oleh tubuh karena mengandung serat, berbeda dengan protein dalam daging yang sulit untuk dicerna bagi kebanyakan orang.Jika anda ingin diet, Alpukat bisa menjadi pilihan nutrisi yang baik, sebagai pengganti sumber protein hewani.
Lemak bermanfaat ==> Mengandung jenis lemak sehat yang dibutuhkan tubuh anda, seperti minyak zaitun. Alpukat dapat meningkatkan kadar HDL ( kolesterol baik ). Kolesterol HDL dapat membantu melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oelh radikal bebas. Bahkan kolesterol tipe ini juga dapat membantu mengatur kadar trigliserida serta mencegah diabetes. Lemak Alpukat membantu menurunkan kadar LDL ( kolesterol jahat ) dan menaikkan HDL ( kolesterol baik ) sehingga secara nyata menekan resiko Stroke dan Serangan jantung. Penelitian telah menunjukan, bahwa asam oleat dalam Alpukat dapat meningkatkan kesehatan jantung. Asam oleat merupakan asam lemak utama dalam alpukat.Alpukat merupakan satu-satunya buah yang kaya lemak, bahkan kadarnya lebih dari dua kali kandungan lemak dalam Durian.
Karotenoid ==> Alpukat merupakan sumber terbaik dari karotenoid dan phytonutrient. Alpukat juga dikenal sebagai buah yang menawarkan beragam jenis karotenoid, tidak hanya seperti beta-karoten, alfa-karoten dan lutein, tapi juga varietas yang kurang dikenal dari jenis phyonutrient seperti neoxanthin, zeaxanthin, chrysanthemaxanthin, neochrome, beta-crytoxanthin dan violaxanthin. Setiap kali Anda mengkonsumsi makanan yang kaya karotenoid, tubuh Anda akan menerima banyak asupan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Karotenoid juga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan fungsi sistem reproduksi. Karotenoid dapat larut dalam lemak, sehingga mengoptimalkan penyerapan nutrisi.
Konbinasi unik ==> Kombinasi unik dari buah Alpukat seperti vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3, asam lemak yang membantu mencegah peradangan. Efek kombinasi dari nutrisi yang terkandung dalam Alpukat menawarkan manfaat besar sebagai anti-inflamasi ( anti-peradangan ). Hal ini menunjukan bahwa Alpukat dapat membantu mencegah atau mengurangi resiko penyakit osteoarthritis dan rematik.
Alpukat kaya akan mineral kalium, tapi rendah kandungan natriumnya, Perbandingan ini mendorong suasana basa didalam tubuh kita.
Alpukat memiliki kadar asam folat dan vitamin E yang tinggi, sehingga lebih efektif dalam meredam hipertensi
Dapat membantu memperlancar aliran darah dan dianjurkan sebagai bagian dari menu untuk mengendalikan diabetes.
Daunnya juga bermanfaat untuk pengobatan karena daun alpukat mengandung pilifenol, quersetin, dan gula alkohol.
Untuk mendapatkan nilai gizi yang optimal dari Alpukat, jangan memilih yang sudah terlalu matang. Anda dapat melakukan identifikasi dengan cara merabanya. Jangan memilih Alpukat yang sudah penyok atau terasa lembek ketika anda memegangnya. Alpukat matang seharusnya tidak penyok di kulit dan akan terasa agak empuk saat ditekan. Anda juga dapat membeli Alpukat mentah dan menyimpannya dirumah sampai matang. Daya simpan Alpukat cukup lama, sekitar 10 hari pada suhu kamar, tetapi bila disimpan pada suhu rendah (40C ) bisa sampai 20 hari.

Resep Tradisional  untuk pengobatan :

Batu Ginjal  ==> Daun Alpukat segar 7 helai, Air 110 ml, Dibuat infus atau diseduh, Diminum sehari 2 kali, padi dan sore, tiap kali minum 100 ml.
Darah Tinggi ==> 3 lembar daun dicuci bersih diseduh dengan 1 gelas air panas, Setelah dingin diminum.
Kencing batu ==> 4 lembar daun Alpukat, 3 buah Rimpang rumput teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula aren, kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai berkuang seperempatnya. Setelah dingin disaring lalu dimimun. Sehari 3 X 3/4 gelas.
Kencing Manis ==> Biji Alpukat dipanggang kemudian dipotong kecil-kecil. Potongan direbus dengan air sampai berwarna coklat. Setelah dingin disaring lalu diminum.
Bengkak karena peradangan ==> bubuk dari biji secukupnya ditambahkan dengan air bersih sampai menjadi bubur, kemudian dibaurkan pada bagian tubuh yang bengkak.
Sakit perut dan Disentri ==> Daun Alpukat segar 5 g, Rimpang temu kunci segar 5 g, Rimpang kunyit segar 6 g, Rasuk angin 1/2 g, Daun pegagan segar 6 g, Air 115 ml, Dibuat infus atau diseduh, Dimimun 1 kali sehari 100 ml.
Sariawan ==> Daging buah yang masak dicampur dengan 2 sendok makan madu dilembutkan lalu dimakan. Diberikan setiap hari sampai sembuh.
Sakit gigi berlubang ==> Bubuk biji alpukat dimasukkan pada gigi berlubang.
Kulit muka kering ==> buah dibuat bubur, dipakai sebagai masker.
Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida ==> Dapat dengan cara mengkomsumsi 0,5 s/d 1.5 buah Aplukat matang. Cara pemakaian : buah Aplukat masak optimal dimakan dalam bentuk segar, konsumsi ini dilakukan setiap hari.
Campuran Teh dan Buah Alpukat ===> Untuk menghilangkan rasa sakit kepala, nyeri pada lambung, bengkak saluran nafas, rasa nyeri syaraf ( Neuralgia ) dan haid tidak teratur.

Ternyata Buah Alpukat, selain bisa dinikmati sebagai hidangan minuman ringan, juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Artikel ini hasil dari beberapa sumber yang saya dapatkan dan saya rangkum menjadi artikel seperti diatas. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca yang ingin mengetahui Manfaat dari Buah Alpukat. Cukup sekian dulu postingan saya, sampai bertemu kembali pada postingan selanjutnya tentang manfaat buah dan khasiatnya.



1 komentar: